BEING A PART OF THE NIELSEN COMPANY INDONESIA



Hi guuuyyyyssssssssssss. Baru muncul lagi nih E HE HE kemaren-kemaren abis lulus kuliah lagi super padet nyari kerjaan. Jadi jobseeker ternyata sibuk juga ya. Gapaham gue juga gaish. Alhamdulillah yaAllah finally ya setelah berbulan-bulan lamanya nganggur. Nganggur itu ga enak loh. Bosen maksimal. Banyak capeknya. Iya capek karena kebanyakan diem. Mau traveling e dokunya yang ga ada PFFFFFF ya namanya juga pengangguran. But, every week kayak pasti selalu ada tes kerja gitusih hm

Oiya, for my friends who still being fighter out there, tetap semangat bcs Allah has a good plan for your future! Aamiin

Gue lulus atau tepatnya diyuk-di-cium (re:yudisium) itu tanggal 13 Januari 2016 dan diwisuda tanggal 4 Februari 2016. Sebelum wisuda sebenernya gue udah apply-apply kesana kemari ya walaupun company yang gue apply pada saat itu adalah company yang emang hi-quality (banget) kayak Google Ind, Microsoft, BCG, McKinsey, dan perusahaan top tier lainnya. Dan hasilnya apa? Yak. I didnt get anything ahahah dapet sih email balesan dari BCG sama McKinsey, tapi isinya itu penolakan secara hormat dan halus dan yang paling penting adalah secara personal. I got suggestion that I should take Master Degree first. Ok, my darl. Tetap seneng. Terus mendekati wisuda banyak temen-temen di group line angkatan yang ngeshare vacancies. Yaudah coba-coba kayak OJK, Bappenas, Nielsen, dll. Seiring berjalannya waktu dan hampir menuju the daynya wisuda gue dapet panggilan tes pertama yaitu dari TNCI atau The Nielsen Company Indonesia pada tanggal 29 Januari. Wihiiiiiiii let’s check em out!

Perusahaan apa sih Nielsen itu? Gue gabakal jelasin panjang lebar karena kalo lo butuh jawaban lengkap dan panjang, search aja di google atau buka aja sekalian webnya. Intinya Nielsen itu adalah perusahaan market research yang berpusat di Amerika. Setau gue ini market research no 1 di Indonesia. Yeay clap your hand ladies and gentleman. Tes di Nielsen ini ada 3 tahap, yaitu Basic Test, interview user, kemudian Try out. Yuk capcus.

Gue dapet email dari HRD Nielsen kalo gue dapet panggilan untuk basic test dan interview di kantor Nielsen daerah Sudirman. Dan kebetulan kerabat dekat gue, a Iren itu baru kerja juga disana jadi gue banyak nanya-nanya juga sama doi. Kebetulan temen gue ada yang udah tes duluan, si Ridha dax Aceh. Gue juga nanya-nanya banyak sama doi tentang test dan interviewnya. Pas hari H, gue dari Unpad ga sendiri, ada gue, ipeh dan zetil.

Tes pertama dimulai jam 10 pagi, agak ngaret banyak sih sebenernya. You tell me? Indonesia. Basic testnya ini terdiri dari 3 bagian, yang pertama ada menulis Formal Business Letter for Client based on case study gitu, yang kedua bikin analisis sama jawab pertanyaan based on case study too, dan yang ketiga ada tes peluang. Tes berlangusng selama 2 jam. Habis itu kita disuruh tunggu 2 jam untuk interview user. Waktu interview sebenernya ga nemu kesulitan yang berarti sih. All goes well. Interviewnya bilingual, english dan bahasa. Kita dijelasin juga jobdescnya. Oya waktu itu gue apply bagian Report Center. Jadi ntar tuh kayak belajar software gitu dan ngajarin client software juga. Setelah interview kita balik dan disuruh tunggu kabar selama 2 minggu. Ditunggu 2 minggu taunya gada kabar. Yaudah I thought my first was failed.

Seiring berjalannya waktu gue udah ga mikirin Nielsen lagi karena emang udah hopeless juga, e taunya w dapet email invitation lagi! Ternyata gue pernah apply lagi bagian client service. Wiiihhh it’s my second chance. Do it better dit! Ya waktu itu gue tes basis lagi jam 2 siang. Gue kenalan sama beberapa kandidat juga. Karena gue pernah ngerjain soal itu, jadi buat kesempatan ini gue harus maksimal banget dan jangan ulangi kesalahan yang sama. Tes selesai dan gue pulang ke rumah menunggu pengumuman.

Selang sebulan dari gue tes gue dapet  invitation lagi buat interview........ di divisi berbeda. Ya, gue dioper ke posisi Statistics Operation. Gue bareng lula yang bakalan sama sama interview di divisi ini. Karena pada awalnya gue kira gue interview di divisi awal gue yaitu client service. Disini gue interview sama 2 orang. Kali ini gue lebih percaya diri karena jam terbang interview gue udah mayan banyak.  Interviewnya berlangsung lebih dari setengah jam ngobrolin tentang experience yang related. Abis itu gue pulang ke rumah membawa sercecah harapan. Btw gue kalo ke jakarta itu sendirian loh naik bis subuh subuh dari subang hiks hiks abis mau nginep di bude pakde ku malu soalnya kurang deket :”

Day by day ditungguin eh taunya dapet invitation buat tes terakhir yippyyyyy! Tes terakhir itu adalah try out. Jadi kita kayak yang nyobain pekerjaan karyawan disana. Cocok apa engga sama skill kita. Tes dimulai dari jam 10 sampe jam 4 sore dan dikerjakan di salah satu meja karyawan yang kosong. Nyatu gitu sama karyawan lain. Maloe :3 Lagi lagi tesnya ketemu lula. Awkward lagi gue wkwkw gue tuh selalu kocak gitu kalo ketemu anak geng HAHAHAH anjir ngegeng kek bocah SD. Ok yuk lanjut. Nah ternyata ada 3 kasus nih yang harus dikerjain dan u know what? DATANYA BANYAK BANGEEEEEEEEEETTTTTTTTTTTT! Pertama liat udah hopeless duluan ya Allah aku harus ngapain. Berhubung diriku ini pintar jadi ya sedikit dikorek korek ya tuh kasus, analyze and analyze and got blank. Lula seems so fine soalnya mungkin doi udah pro soalnya udah kerja. Menjelang siang kita dikasih mam sama ibu ibu petugas disono kayaknya. Tapi ga nafsu makan jadi makanannya gue bekel aja buat dimakan di bis wkwkwk
Lula berangkat presentasi duluan soalnya doi udah dateng dari jam 8. Lula tes jam set1 dan selesai jam set2 lebih. WUUHHHH LAMA AMAT NGAPAIN YA DI DALEM HUHUHUHU now it’s my turn. Gue liat jam. Jam 2. Hap Hap! Bismillah. Gue dibopong *anjir kok dibopong*. Ok, gue digiring *LAH* ke ruangan presentasi gitu. Gue inget ini ruangan pertama kali gue interview! Wow Such a wow! Disana udah ada 4 orang om om/ bapak bapak. Terserah deh mau pilih yang mana wkwkw hmmmm mantaf ya. Ok dimulai perkenalan diriterlebih dahulu in english kemudian presentasi hasil kerja tadi. BLA BLA BLA BLA BLA BLA gue pengen modyar. Edyan. Ditanya sampe mendetaaaiiiiiil bangeeeeeetttttt. Walaupun gitu tapi pengujinya pada baik bangeettt ngasih clue clue gitu duh sumfe big thanks. Ga kerasa ternyata waktu menunjukan pukul 4 lebih dikit, itu artinya gue presentasi 2 jam! WAW pantesan kakiku pegel banget diri terus selama 2 jam. Dan ini lebih lama daripada gue sidang skripsi! Clap your hand ladies! Gue langsung solat ashar dan pulang ke rumah.

Penantianku berakhir. Tepat 2 minggu berikutnya gue dapet email offering. YA ALLAH FINALLY HUHUHUHUHU PENANTIANKU DARI AKHIR JANUARI :’( Dibaca PKWT (Surat Perjanjian Kerja) gue ternyata masuk ke divisi Panel Management Operation and Technology. Dulu gue cita citanya itu pengen kerja di salah satu multinational company and finally i got it! Ga berhenti bersyukur. Thank God! Ternyata my first is bieng my last.

Udah deh see youuuuuu pegel juga bok tangan eiyke


Komentar

  1. Seneng bacanya...so refreshing. I feel you. Ternyata memang cari kerja butuh ketekunan dan secercah harapan 😁

    BalasHapus
  2. manggilnya apa yah? teh kali ya. Teh kita seumuran dan kita seangakatan juga hehe. gue kemaren ngelamar di nielsen bagian MT, dan rabu besok ada basis test. giman kerja di nielsen teh? dan MT itu nanti ditaro mana ya? tengkyu teh, hehe

    BalasHapus
  3. mbak dita puji tuhan ya udah kerja di Nileses pulak, btw saya may tanya nig mbak soalnya selasa depan ini saya di invite buat basis test, itu katanya kan 2 bagian ya aritmatika sama essay english, boleh kasi sedikit bocoran ga mbak gmna soal yang essay english tu, makasih banyak mbak Dita suskes buat Nielsennya

    BalasHapus
  4. Whoa mbaa ikut seneng denger ceritanya. mba punya kontak email atau linkedin kahh? aku mau tanyatanya ;)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

JOBSEEKER. Pengalaman Tes Kerja di Berbagai Perusahaan

FACTS ABOUT MEH