JOBSEEKER. Pengalaman Tes Kerja di Berbagai Perusahaan



Hula hulaaaaa selama jadi jobseeker kan gue ga tes di Nielsen aja kan ya. Banyak perusahaan yang udah gue cobain hmm combro kali dicobain. Nah sekarang gue mau share beberapa pengalaman gue mengikuti tes tes. Tapi yang seinget gue aja ya. Karena daya inget gue rada ya gitudeh wkwkw dan ini nulisnya itu udah lama cuman baru gue post sekarang. Dan beberapa ada yang gak gue lanjutin tapi guenya males buat lanjutin gimana dong. ok semoga bermanfaat untuk kalian semua! Yuk mulai.


MEDIA GROUP

Waktu hari H wisuda, tepat waktu bubaran wisuda, gue dapet telfon dari Media Group. Ok, bagi yang gatau apa itu Media Group, Media Group ini membawahi Metro TV dan Media Indonesia. Singkatnya gue ditelfon karena katanya gue apply disana sebagai Marketing Support, dan mereka mau interview gue besoknya. Sebelumnya gue agak ragu apakah gue pernah apply di Media Group atau engga, gue cek sent email gue gada bekas kiriman ke Media Group. Apa dari Jobstreet? Tapi gue cek lamaran yang dikirim gada yang tertuju buat Media Group. Gue juga gak tahu sampe saat ini kenapa gue bisa tiba-tiba dipanggil wkwkw apa dari LinkedIn? Yuk lupain aja. Gue browsing sana sini, akhirnya pas hari H interview gue gak dateng dikarenakan gue sangat capek karena kemarennya gue abis wisuda. Yaudah gue bales email mereka karena gue gabisa dateng karena masih ada rangkaian wisuda (boong dikit) wkwkw eh taunya dibales lagi sama mereka, “bisanya kapan?” loh kok malah ditanya bisanya kapan ya. Yaudah ga ada salahnya kan mencoba, akhirnya gue bilang Senin.

Hari H interview, gue amazed sama lokasinya a.k.a kantor Media Group. JAUH BANGET YA ALLAH AKU PENGEN NANGIS. Lokasi gue di Jaktim dan Media Group itu di Jakbar (Bonjer/ Kebon Jeruk). Gue pilih naik GrabBike waktu itu dari Jaktim. Tau ga berapa kilo? 23 kilo! Amazing! Alhamdulillah waktu itu GrabBike lagi ada promo. Jadi kalo biayanya 60rb itu dipangkas jadi 13rb. Rejeki nax solehot. Murahnya sih ok, pegelnya ga ketulungan apalagi gue duduk miring gara-gara pake rok span. Mana pas berangkat si abang grabnya gatau arahnya jadi muter-muter dulu hiks lelah. Finally selang satu jam lamanya gue sampe juga di gedung Media Group. Gue langsung disuruh ke lobby 2. Nunggu 1 jam lagi PFFFFFFF akhirnya masuk ruangan. Gue interview sama mas-mas (supervisor), dia gak banyak tanya tapi banyak jelasin jobdesc. Dikasih tau data-datanya, excelnya, powerpointnya, presentasi mereka buat ke kementerian. Disitu gue kayak yang optimis dapet, soalnya dia kok langsung jelasin jobdesc seabrek-abrek. Dan dia juga bilang, nanti saya kirimin contohnya ya ke email kamu. Selang setengah jam gue disuruh pulang dan disuruh tunggu info selanjutnya. Yaudah gue balik ke Jaktim by GrabBike wuzzzzzz. Dan sampe sekarang gada info-info lagi dari Media Group.

MNC GROUP

Disini gue apply di web MNC Group berdasarkan temen-temen deket gue juga apply MNC. Tapi mereka apply buat bagian staff reguler sedangkan gue apply bagian BDP (Broadcast Development Program) bagian Marketing. BDP ini semacam MT di dunia perusahaan broadcasting. Setelah sekian lama, gue dapet email bahwa gue lolos tahap 1 (screening CV). Gue juga dikasih tau bahwa gue harus mengikuti psikotes untuk tahap 2 nya. Setelah itu gue konfirmasi bahwa gue bakalan hadir interview.

Day by day. Psikotes BDP MNC ini bentrok sama interview BI. Jadi gue cancel yang MNC Group dan lebih pilih BI. Eheheheh maafkeun.

BANK INDONESIA

Kring.. Kring... Kring.. HP gue bunyi dan gue langsung angkat yang gue kira sebelumnya gue bakalan dapet offering dari Media Group. Ternyata gue dapet telfon dari Bank Indonesia! WUHUUUUU SUCH AN HONOR! Gue ditelfon tapi sedikit berasa kayak interview. Lama banget. Ada kali hampir setengah jam. Jadi gue di BI itu apply untuk research assistant. Waktu di telfon ditanya banyak banget! Seputar skripsi, mata kuliah, aktivitas, software, hobi, dll. Sambil ditelfon gue degdegannya gada abisnya soalnya based on her voice, kayaknya sih rada tegas/ galak gitu hmmmm di akhir telfon dia bilang “kamu upload NPWP ya nanti. Kalo sudah hubungi saya, nanti saya kasih tahu lagi step selanjutnya”. Ya. Berkat BI, gue jadi bikin NPWP. Untung bikinnya sehari beres. Gue baru upload NPWPnya itu 3 hari berikutya karena gue ga gerti sama cara dari upload NPWPnya itu. Ternyata oh ternyata bukan di-upload pemirsa. Tapi cuman input nomer NPWPnya aja. Grrrrrrr. 
Setelah itu gue konfirmasi kalo gue udah input nomer NPWPnya. Besoknya si Ibu telfon lagi. Lama lagi. Ngobrol ngalor ngidul. Intinya gue dikasih tugas. Suruh bikin summary journal in english and bahasa. Sepppp! Selang 2 jam dia kirim journalnya lewat email. Yeah. Economics Journal absolutely in English. YA ALLAH AKU GA NGERTI ITU ISINYA APAAN HIKSSSSSS akhirnya gue kerjain sebisa gue. Karena emang harus dikirim hari itu juga. Dia kririm jam 3 sore btw. Dan gue kirim jam 9 malem. Besoknya ditelfon lagi kalo harus interview di gedung BI.

The day, gue udah sampe Gedung BI dan ketemu sama Ibu yang telfon gue. Sumpah! Ternyata Ibunya super baik! Gue dikasih minum, disuruh baca-baca dulu aja sambil nunggu atasan dia. Selang 30 menit gue dibawa ke ruang rapat gitu. Disana udah disiapin snack2 sama minum buat gue. Buset baik banget! Pas gue masuk di dalem ada 3 orang, yaitu Ibu-ibu yang telfon, bapak-bapak (atasannya) dan satu ibu-ibu lagi. Pas gue udah duduk ada OB nyamperin bawa nampan isi cangkir-cangkir “Mau minum apa Mbak? Teh atau kopi?” sumpahhh gue merasa terhormat banget wkwk norak. Interview berjalan hampir satu jam. Degdegan? Jelas! Kita ngobrolin tentang kuliah dan tentang ekonomi. Beruntung gue pas kuliah banyak ambil mata kuliah ekonomi. Jadi gue ga cengo-cengo amat pas ditanya. Disuruh nunggu seminggu untuk hasilnya. Ditunggu seminggu ga ada kabar. Yaudah hopeless. Bye BI yang kucinta.

TOKOPEDIA

Di tokopedia ini gue apply sebagai Data Analyst. Step pertama itu interview HR dan gue disuruh pulang. 3 hari berikutnya dapet email kalo gue belum cocok sama posisi yang dilamar. Yha. Padahal kantornya itu chu banget.

ASTRA INTERNATIONAL

Gue apply Astra International itu di Jobfair UI. Gue apply ke tiga perusahaan astra, yaitu Astra International, Toyota Astra Finance, dan Astra Insurance. Gue dapet SMS panggilan untuk seleksi tahap 1 Toyota Astra Finance. Gue inget banget waktu itu di TAFS ini gue apply sebagai Strategic Planner. Tapi pas hari H psikotes dijelasin bahwa kita semua ini adalah calon MT. Nahloh HAH HAH HAH. Padahal gue agak kurang tertarik sama yang berbau MT. Nah mungkin untuk menjadi karyawan TAFS semuanya harus melalui MT terlebih dahulu.

Tahapnya itu menganut sistem gugur. Hasil psikotes juga diumumin hari itu juga. Gue psikotes jam 8 sampe set11. Disuruh nunggu sampe jam 2 karena ada batch 2 di jam 11. Super lama banget gue nunggu pengumuman. Pas jam 2 tim dari Astra ngumumin siapa2 aja yang lolos untuk ke tahap 2. Woah! I saw my name on their list! Sedikit yang diambil cuman 20an kandidat aja. Yang lolos lanjut ke tahap 2 yaitu tes kepribadian. Selesai tes kepribadian untuk tahap selanjutnya adalah interview. Besoknya gue interview di gedung Mega Plaza di Rasuna Said. Kebagian jam 10 pagi untuk interview dan baru diinterview jam set12. KZL. Interview berjalan alot. Bukan ngomongin personal, tapi malah ngomongin strategic planner! Ternyata posisi yang gue apply dibawa-bawa pas interview. Ditanya juga tentang accounting sama finance. Karena kalo udah jadi MT di TAFS ini kita bakal diangkat jadi supervisor di seluruh kantor TAFS di seluruh Indonesia. Seperti biasa pengumumannya bakal diumumin 2 minggu kemudian. Yash lalalala

TRIJAYA GROUP

Trijaya ini gue apply di Jobfair UI juga. Pas udah sampe kosan kakak gue, gue dapet sms kalo gue diundang untuk interview di kantornya. Yaudah gue browsing dulu kan ya. Setalah browsing loh kok banyak berita miringnya ya tentang perusahaan ini. Perusahaan ini sejenis broker/ futures gitu. Karena gue ga ambil pusing akhrinya gue ga dateng. Beberapa hari berikutnya gue dapet telfon, dari Trijaya. Ngundang lagi buat interview, dan katanya kalo lolos bakalan langsung training. HAH? Training apaan sob? Akhirnya gue ga dateng lagi. Eh beberapa hari berikutnya ditelfon lagi, diangkat lagi sama gue, dari Trijaya lagi, ngundang interview lagi, gadateng lagi. Terus aja gitu sampe firaun bangkit lagi.

PT PARAGON TECHNOLOGY

Paragon ini produknya udah terkenal banget, kayak Wardah dan Make Over. Gue dipanggil untuk psikotes tahap 1. Soalnya sama kayak pas psikotes TAFS cuman di paragon ini pake LJK. Gak lolos hiks padahal soalnya sama. Apa ini semua karena LJK? Wkwkwk ngeles. Tapi emang sih gue agak sedikit blank. Waktu aritmatik di TAFS gue kejawab semua, tapi pas di Paragon banyak yang kosong. Yha. Mungkin dita laper. Akhirnya pulang membawa tangan kosong.

MNC CHANNELS

Agak sedikit hopeless tes sana sini tapi gak membuahkan hasil. Akhirnya gue coba apply di kantor temen gue, si Lula. Gue apply hari Jumat pagi dan langsung ditelfon pas Jumat siang. Cepet ya. Gue dijadwalkan interview hari Senin jam 10.

Lokasi interview gue di MNC Tower Kebon Sirih. Gue naik CL dari stasiun Tebet ke stasiun Gondangdia, which is kantornya itu hanya berjarak beberapa meter doang dari stasiun gondangdia. Pas berangkat emang rada mendung-mendung manja sih eh pas sampe stasiun gondangdia, YA ALLAH HUJAN BESAR. Untung bawa payung e he cuman ya tetep agak ga kece dong ya masuk kantor basah-basahan :’) setelah jalan 3-5menit sampe juga di MNC Tower. Diri ini langsung cus ke lantai 22. Nunggu lagi sekitar 1 jam adakali PFFFF. Eh ternyata banyak juga yang mau interview selain gue. Dan mereka cowok semua dan mostly kayaknya pada experienced sih.

Finally nama gue dipanggil untuk interview HR. Interview cuman ditanya soal personal aja. Sebentar doang. Udah gitu gue disuruh tunggu untuk interview user. Setelah 15 menit nunggu akhirnya gue interview user. Di interview ini gue banyak senyumnya. Senyum mele ah capek. Bla bla bla bla gue disuruh ikut psikotes sama interview direksi. Pas ke mbak Hrnya, lusa gue bakal psikotes sama interview direksi. Ternyata eh ternyata psikotesnya di kantor RCTI di Bonjer. Yassalam tamat riwayat gue. BONJER AGAIIIIN. Akhirnya gue nanya temen gimana cara tertidakcapek dan murah ke bonjer. Akhirnya disaranin buat naik cl ke tanah abang terus lanjut pake gojek ke rcti jaraknya mayan 9kilo.

The day, gue naik cl dari tebet ke arah tanah abang which is cl ke arah tanah abang ini superpadet karena emang ke arah sudirman juga. Gue di dalem cl desek-desekan. Tempel sana tempel sini. Pokoknya udah gada celah lagi. Kasian orang yang kurang tinggi susah napas huhu akhirnya gue turun di stasiun tanah abang. Ada waktu sekitar 1,5 jam lagi. Akhirnya gue nunggu 30menit di stasiun. Pas mau pesen gojek, eng ing eeengg HUJAAAAAN! AW NAW. Itu kondisinya orderan gue udah di picked up sama drivernya. Akhirnya gue telfon dan bilang cancel aja. Karena ujannya ga berenti-berenti gue dengan berat hati pesen grab car. Luamyan bo 40ribu hiks tapi gapapa deh daripada basah kuyup. finally psikotes kelar, tinggal nunggu panggilan buat interview direksi. Yuk jreng.


WILLIS TOWERS WATSON

Yeah consulting firm! Salah satu dreamjob gue adalah kerja di consulting firm. Nah towers watson ini termasuk consulting firm, corenya itu di bagian risk management and human resources. Gue ditelfon buat ikut interview. SUMPAH! MASUK KUALIFIKASI MEREKA AJA GUE UDAH SENENG. Kantornya deket banget sama The East di lingkar kuningan. Pas gue masuk kantornya gue disuruh masuk ke ruang meeting gitu buat 4 orang. Deg degan luar biasa. Terus interview HR abis itu interview user. Dan nanti dikabarin untuk online test. Tapi belum ada kabar juga padahal gue pengen banget kerja disini ya ALLAH huhuhuhuhuh

NET MEDIATAMA

Satu kata. GOKIL! Ini perekrutan tergokil yang pernah gue ikutin. Gue dapet invitation by email buat dateng psikotes di istora senayan. Ha? Istora senayan? Itu mau tes apa nonton badminton? Akhirnya gue konfirmasi kehadiran. In few days net ngirim e-flyer by email dan gue seneng luar biasa soalnya ada guest star RIZKY FEBIAAAN UUUUUU sumfe suka sama dia gimana dong wkwkw waktu dia dateng ke jatos ga sempet liat soalnya hiks selain iki ada juga barsena sama pemain the east.

Hari itu Rabu 16 Maret hari dimana gue test psikotes Net bertepatan sama keberangkatan kakak gue ke Makassar. Jujur sedih banget huhuh gue test jam 7. Jadi jam 6 gue udah berangkat sedangkan kakak gue berangkat jam 9. Pas gue pergi dia masih bobo jadi gue cium pipinya HEHEHEH sweet ga sih. Gue berangkat naik Gojek. Gue pesen gojek jam 05.51. 9 menit lagi rush hour. Untung deehhh ahahah ternyata ke istora cuman 15 menit doang. Dikira bakalan kepagian kan eh taunya udah penuh ajaaa kayak mau audisi talent2 gitu. Gue ketemu temen yaitu bila dan lusy. Anak stat yang kebagian batch 1 kayaknya cuman kita bertiga doang. Udah gitu jam 7 registrasi dan kita mulai diarahin masuk ke istora buat ambil tempat duduk. Setelah semua peserta dapet tempat duduk, MC mulai cicicuwit. Liatin company profile net *sumpah suka banget sama backsound   company profilenya* dan profile mdp net. Setelah selang 2jam kita melakukan test psikotes. Yang pertama itu tes IQ yang makin lama makin susah. Yang kedua tes kepribadian. Dan yang ketiga itu tes pauli. Ini mengkhawatirkan b anget kondisi gue. Gue lagi demam + pilek. Jadi ngucur mulu. Puyeng. Apalagi pas pauli. Yaudah hasilnya gue serahin sama Allah SWT. Setelah tes ternyata kita kedatangan CEO Net yaitu Wishnutama YEAY! Kharismanya ituloohhh bikin kita pengen banget masuk Net! Selesainya kita disuruh keluar gedung istora. Di arena off air ternyata udah ada rizky febian dan barsena yang lagi nyanyi plus akustikan YA AMPON KU TERPESONA DEK IKI MYLUV. Karena kondisi gue yang kurang fit akhirnya baru 10menit nonton gue langsung pulang. Sialnya HP gue mokat. JIR GABISA PESEN GOJEK. Akhirnya dengan penuh kecapean dan cucuran ingus diriku harus merelakan untuk naik busway HAFFFFFFF naik busway gue harus transit ke harmoni baru langsung bisa pulang. YAAAAW tinggal nunggu pengumuman. YEAY wish me luck!

Selang hampir seminggu akhirnya diumumkan siapa yang lolos untuk tahap selanjutnya yaitu interview user. Desas desusnya itu dari 12ribu peserta yang diambil untuk interview adalah 500 orang. Eng ing eng.... gue langsung buka webnya dan liat hasil pengumumannya. Langsung gue masukin no peserta gue di kolom search biar langsung ketemu. And voila! I saw my name! Alhamdulillah berhasil mengalahkan ribuan peserta lainnya. Langsung deh gue scroll down dan ternyata yang lolos itu ada 900an hmmmm berarti kuotanya ditambah ya.

Lokasi interview ini ada di sebuah mall deket kantor The East yaitu Bellagio Mall. Untung gue rada-rada hafal jalanan kuningan, jadi pas gue naik gojek kan abangnya gatau jalan berdasarkan insting gue tanpa gps gue berhasil menemukan mall itu (pssstt gadeng gue sebelumnya pernah lewatin mall ini dan masih hapal). Interviewnya ini ada di ballroomnya. Kita ngantri terus tar disebutin satu persatu no peserta kita. Setelah sejam nunggu akhirnya no peserta gue dipanggil. Terus gue dibawa ke ruangan sebelah khusus interview. Setdah disini gue nunggu lamaaaaa bangettttt. Adakali hampir 2 jam hafffffff. Tiba giliran gue. Pas ketemu usernya first impression buat usernya adalah JUTEK! Baru aja gue ngomong udah diteriakin “kerasin suaranya!”. Bukan teriak sih tapi suaranya agak keras plus tanda seru. Seumur-umur interview baru gue diginiin. Interview berjalan alot. Dia duduknya juga super nyeleneh dan mimik mukanya juga ga enak. Fyi dia ibu-ibu eh ralat tante-tante. Selesai interview gue keluar ruangan dan pulang.

Kesan-kesan setelah interview gue rasanya gabakalan betah kalo diuserin sama dia. Pasti dia orangnya otoriter. “i said A! You should do A! Just A! Get it?” bodo amat. Ya Allah aku udah suudzon maafin. Ya pokoknya gitudeh kalo gaditerima juga gapapa gakan terlalu sedih.

ETAUNYA BENER KAGAK MASUK. Ya udah bye NET.

MNC PLAYMEDIA

Sebenernya ini agak-agak kocak. Jadi gue daftar kesini itu dikasih tau yusma. Doi udah kerja disini. Yaudah kan gue apply lewat email ke hrdnya. Selang berapa hari ternyata email yang gue kirim itu failed. Yaudah gue bilang sama yusma kalo gue udah kirim email tapi emailnya failed. Nah pas di kantor si yusma bilang ke hrdnya,

Y: “Mbak ada email dari temen aku ga?”
H: “gak ada tuh”
Y: “ada mbak. Dia udah ngirim email”
H: “saya cek ga ada. Yaudah tar hari senin suruh dateng aja ya jam 9”

Yaiyalah yus kagak ada orang emailnya juga failed. Bodor ae lu. Akhirnya gue dateng hari senin berkat bantuan “orang dalem” wkwkw

Tesnya itu psikotes kepribadian dulu yang 225 soal. Setelah itu langsung interview user. Gue apply dibagian reporting & database. Eh pas interview dia jabarin kan jobdescnya kok agak lain ya dari nama divisinya. Jadi gue semi kerja lapangan gitu terus monitoring2 tower, kabel, dll. Setdah such a man yo. Dia nanya keberatan ga kalo kerjanya kayak gitu. Terus gue jawab engga kok pak bla bla bla tapi ya gitu mungkin doi liat ada sisi keberatan dari muka gue ahahaha

Akhirnya selang seminggu berikutnya gue diemail lagi dan disuruh interview di divisi berbeda yaitu di divisi vendor management. Ya allah apalagi ini. Gue datengin kan tuh ya dan gue psikotes kepribadian lagi errrrrrrrrrr terus lanjut interview hrd. Dan abis itu gue disuruh tunggu buat interview user jam set2. Set2 dedul sih ini gue baru dipanggil sejam berikutnya. Pas interview user sekalian dites excel juga. Ada 3 sheets dan gue harus selesein semuanya pake formula yang beda2. Gue udah pro sih excel jadi cincailah HEHEHEHE SOMVONK. Udah gitu sampe sekarang ga ada kabar. Hmmmm

OJK

Gue apply OJK ini bener bener in last minute bangetttttt. Jam 11 malem lebih di hari terakhir pendaftaran gue baru daftar. Waktu itu gue lagi di villa bareng keluarga jadi ya gitu deh #apasih pas selesai daftar yaudahlah ya gue langsung matiin laptop. Pas beberapa menit berikutnya ada notif email di hp gue dari OJK disuruh lengkapin berkas. Mampusssss gue buru buru nyalain laptop lagi. Disitu disuruh upload scanan ktp, ijazah, sama transkrip. Alhamdulillah gue simpen hasil scan ktp gue di laptop. Ijazah? Whaattt gue belum scan ijazah gue soalnya baru diambil kemaren2nya kan duh akhirnya gue upload foto SKL yang rada burem karena hasil foto. Transkrip? Whaaaattt gue gapunya foto transkrip sama scanannya juga huhuhu frustasi bro akhirnya karena gue smart gue download aja transkrip di PauS. Bodo amatlah ya itu bukan transkrip yang terakhir banget tapi ya gapapa lah yang penting transkrip. –THE POWER OF KEPEPET-

Pas pengumuman seleksi administrasi ternyata gue LOLOS HE seneng. Tes selanjutnya yaitu tes psikotes, pauli, bahas inggris, OJK, bidang. Lokasi tesnya itu di Unpad DU dan gue kebagian jam set2.

Tes dimulai jam 3. Mepet ashar. Tes pertama itu psikotes yang ngitung sama bangunan geometri gitu. Pokoknya ada 4 sesi. Abis psikotes dilanjut psikotes kepribadian yang 225 soal. Abis itu pauli. Dahsyat. Tes pauli selesai jam 6 kurang 15. Langsung kita disuruh solat ashar dulu. Setdah udah kayak wamil kita turun dari lantai 4 terus ke mesjid lari-lari. Mulai lagi tes jam 6 lewat. Lanjut tes bahasa inggris. Lumayan cincai lah. Beres jam 7. Langsung disuruh solat magrib dulu. Karena udah mepet isya gue langsung solat isya. Masuk lagi jam 7 lewat langsung tes OJK. Sumpah ya gue ngafalin tes OJK ini ya pure tentang OJK kayak UU nya, tugas dan wewenang, visi misi, dll. ETAUNYAAAAA WHATAHELL. Liat halaman pertamanya aja gue langsung ketawa. Harus ngisi apa gue :’( tuh soal sumpahnya perpaduan ekonomi – aktuaria. Ya untung gue belajar ekonomi aktuaria dikit-dikit jadi ga buta banget. TAPI YA TETEP AJAAAAA ITU SOAL APABANGET KAGAK KELUAR SATUPUN YANG GUE HAPALIN. EMOSI hiksssss sumfe dari no 1 sampe no 75 (fyi soalnya ada 75) gue ngarang bebas ulala baca langsung isi. Act like a pro. Adakali dari 75 soal yang gue mikir bener cuman 10an kayaknya wkwkw so fvckin awkward. Ya abisnya bocoran pengalaman yang udah tes ojk di internet bilangnya ya pure tentang ojk eh taunya gakeluar samsek. Udah gue pasrah aja. Selanjutnya tes bidang. Mine is statistics. Heheheh mantaffff really basic. Kalo lo belajar atau kalo lo emang awalnya pinter statistik pasti bisa isi semuanya sih karena emang dasar-dasar banget kok. Fyi ada 75 soal juga. Tes selesai jam set9 malem. Dan pengumuman diumumin 2 minggu setelahnya. Ga berharap lebih kok :’)

TRANS MEDIA

Gue apply trans untuk posisi BDP (Broadcast Development Program) bagian Marketing Information & Research. Lowongan ini disiarin di TV mulu jadi mama nyaranin buat ikut tes. Ya gue pilih lokasi tes di Bandung. And u know what keseluruhan pesertanya banyak banget! Ga cuman di bandung ya maksud gue. Lebih lebih dari Net deh pokoknya. Adakali 30rb. Bandung aja yang tes 6ribuan orang hiiiiiiii kebayang. Tesnya itu diadain di Unpad DU. Gue kebagian tes gelombang ketiga yaitu jam 2 siang. Tes awalnya itu adalah psikotes. Banyak tes psikotes ini yang baru gue temuin dan itu cukup sulit tapi seru! Challenging banget! Setelah psikotes yaitu tes pengetahuan umum, perbanyak nonton berita deh apa aja kejadian yang lagi happening dan perluas wawasan anda. Terus abis itu ada tes english. Tes englishnya sih standar ya kayak tes toefl cuman lebih gampang kayak grammar2 gidu. Udah deh tahap 1 gitu aja. Untuk pengumumannya diumumin pas jam 9 malem.

Gue buka web karir trans jam set9 malem dan udah keluar pengumumannya ternyata. Langsung gue download filenya dan langsung search nama w biar cepet aaannnddddd I SAW THERE! Itu berarti gue lanjut interview besoknya. Interview ini gue liat sih ada 600 org. Jadi dari 6000 sisa 600 ya yg tes di bandung itu. Interview pertama itu sama HRDnya. Jadi kita berlima interview barengan. HIH KOCAK. KAN MALOE. Tiba giliran w daaannnn pas akhiiirrrr.......... disuruh nyanyi ZZZZZZZZZZZZZZZZ setelah interview hrd kita pindah ruangan, ngantri lagi untuk interview user. Berlima lagi inteviewnya cuman yang ini agak singkat. Cuman crosscheck2 doang kayaknya. Abis itu balik deeehh. Ada pemberitahuan kalo pengumuman final diundur jadi 30 Juni. Mantaffff lama bangeeeeeeeeeeet. Well, let’s see!




Komentar

  1. Ngakak bacanya, apalagi pas bagian "sampe Firaun bangun lagi" sakiit perut. Wah, ternyata emang jadi jobseeker itu rame. Anyway, jadi pengen ngeblog juga. Berbagi pengalaman kehidupan...such an inspiration. Bacanya rameeee😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw emang nih kalo ngetik sekenanya aja gi. gapake dipikir dulu ahaha thuglife bgt ya sagi jadi jobseeker itu huhuhuh blog sagi apa niiih?

      Hapus
    2. wkwkw emang nih kalo ngetik sekenanya aja gi. gapake dipikir dulu ahaha thuglife bgt ya sagi jadi jobseeker itu huhuhuh blog sagi apa niiih?

      Hapus
  2. malah nemu blog ginian haha, awalnya biasa aja tapi malah larut sama konten dan gaya berbahasanya, btw nice blog mbak

    BalasHapus
  3. Ngakak banget baca tulisannya ahaha. Btw thanks for sharing :)

    BalasHapus
  4. Mau tanya dong hehe, Itu yang DI TAF setelah diumumin hasil tahap 2, untuk interview nya di hari besok semuanya ya? atau ada yang di hari itu juga?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEING A PART OF THE NIELSEN COMPANY INDONESIA

FACTS ABOUT MEH